adsense

Batasan aurat wanita yang dianjurkan


Dizaman sekarang ini banyak kaum hawa yang melalaikan kewajibanya,salah satunya yaitu menutup aurat, Padahal sudah banyak hadist yang memerintahkan untuk menutup aurat.
Di negeri kita tercinta banyak kaum hawa yang masih membuka auratnya  bahkan mereka merasa PD dengan tidak menutup auratnya, Dan semoga mereka yang masih membuka auratnya diberi hidayat dari Allah SWT….Amin

Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang batasan aurat bagi wanita yang dianjurkan Allah Ta’ala. Sebelum lebih dalam lagi mari kita bahas apa itu aurat??? 


Apa itu aurat?
Aurat artinya segala hal yang wajib ditutup ketika sholat dan dilarang untuk dilihat diluar sholat (A Mubdi,359).Dalil-dalil mengenai batasan aurat wanita diantaranya,Allah Ta’ala berfirman :
“katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangan mereka,dan memelihara kemaluan mereka”(QS. An Nur: 31).Allah Ta’ala juga berfirman:
 “Hai nabi katakanlah kepada istri-istrimu,anak-anakmu perempuan dan isti-istri orang mu’min :”Hendaklah mereka mengeluarkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka””(QS. Al Ahzab :59).

Juga diriwayatkan dari Aisyah radhiallahu’anha,beliau berkata, Asma’ binti abu bakar pernah menemui rasulullah shallahu’alaihi wasallam dengan memakai pakaian tipis.Maka rasulullah shallahu’alaihi wasallam pun berpaling darinya dan bersabda:

“Wahai asma: Sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haidh(sudah balig), tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini”, Beliau menunjuka wajahnya dan kedua telapak tanganya”.(HR. Abu Daud,hasan).

Berdasarkan dalil-dalil diatas dan dalil-dalil lainya,ulama berbeda pendapat mengenai batasan aurat bagi wanita.

 Ulama Hanafi,Maliki dan satu pendapat dalam maddzhab syafi’i berpendapat : “Seluruh  tubuh wanita adalah aurat kecuali wajah dan telapak tangan”

Sedangkan ulama Hambali salah satu pendapat dalam madzab syafi’I berpendapat:” Seluruh tubuh wanita adalah aurat termasuk wajah dan telapak tangan”.


Namun pendapat yang rajah,dan ini juga merupakan pendapat yang diterapkan oleh mayoritas kaum muslim dinegeri kita,bahwa aurat wanita adlah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.


Dan alhamdulilah,pengetahuan tentang batasan aurat ini bukan hal yang asing ditengah masyarakat, bahkan telah diajarkan sejak di bangku dasar.
Baca juga : Manfaat wudhu yang wajib diketahui
Demikian sedikit sharing-sharing dari saya semoga dapat bermanfaat, dan semoga setelah anda membaca artikel ini anda diharap tidak bingung lagi…Amin

Wasallamuallaikum Warohmatullahi Wabarokatu

0 Response to "Batasan aurat wanita yang dianjurkan"

Post a Comment

adsense bawah